Penyebab Gatal pada Selangkangan

Gatal pada selangkangan bisa disebabkan oleh beragam hal. Cara mengatasinya perlu disesuaikan dengan kondisi yang menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, agar gatal pada selangkangan bisa ditangani dengan tepat dan dapat dicegah, kenali apa saja penyebabnya.


1. Infeksi jamur

Infeksi jamur dermatofita atau yang disebut juga sebagai tinea cruris adalah salah satu penyebab gatal pada selangkangan yang paling umum. Kondisi selangkangan yang umumnya lembap dan hangat sangat mendukung jamur ini untuk berkembang biak dengan lebih cepat.

Perkembangbiakan jamur dermatofita akan menyebabkan kulit di sekitar selangkangan menjadi gatal, dengan ruam yang berwarna merah dan berbentuk seperti cincin, bersisik, dan terkadang juga terasa nyeri.


2. Infeksi menular seksual

Gatal pada selangkangan bisa terjadi akibat infeksi menular seksual, seperti herpes genital, klamidia, gonore, sifilis, infeksi kutu, dan kutil kelamin. Penyakit menular seksual tidak hanya membuat selangkangan terasa gatal, tetapi biasanya juga menyebabkan rasa nyeri dan sensasi terbakar pada kulit.

3. Iritasi atau alergi

Iritasi atau reaksi alergi juga bisa menjadi penyebab gatal pada selangkangan. Pemicunya bisa beragam, mulai dari pakaian dalam yang terlalu ketat, semprotan genital, tisu basah, hingga pembalut beraroma.

Selain kondisi-kondisi di atas, gatal pada selangkangan juga bisa disebabkan oleh kondisi peradangan, psoriasis, atau infeksi kutu kemaluan yang bersarang di rambut area kelamin.


4. Infeksi  virus Molluscum contagiosum

Gatal pada selangkangan juga bisa disebabkan oleh virus Molluscum contagiosum. Infeksi virus ini bisa menyebabkan timbulnya benjolan seperti kutil, tetapi lebih keras dan terletak di bawah kulit lapisan atas.

Kondisi ini bisa terjadi akibat kontak langsung dengan orang yang juga terinfeksi Molluscum contagiosum atau bisa juga karena menyentuh benda yang terkontaminasi oleh virus, seperti handuk atau pakaian.

Sumber : Alodokter


Ini kontak saya Whatsapp Nyai Ratu save saja dulu ya barangkali di butuhkan untuk saudara atau tetangga 

Untuk info lebih lanjut bisa bergabung di grup kami Telegram

Solusi Gatal Pada Selangkangan

Klik Disini

Artkel lainnya :