Cara mengatasi maagh yang paling Jitu

Maagh merupakan sekumpulan gejala yang meliputi perut mulas, mual, kembung, yang disertai sensasi panas di dada hingga tenggorokan, menurut laman Mayo clinic. Gejalanya dapat muncul karena naiknya asam lambung atau menandakan adanya iritasi lapisan perut, baik itu karena infeksi bakteri H,hpylori atau peradangan.

Kabar baiknya, Anda bisa mengatasi gejala penyakit maagh dengan memperbaiki pola makan, seperti:

1. Makan porsi sedikit tapi sering

Cara mengatasi maagh yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah usahakan untuk selalu makan tepat waktu dan dengan porsi yang lebih kecil agar Anda bisa makan lebih sering. Pastikan juga Anda makan perlahan kunyah makanan dengan baik dan pusatkan fokus saat porsi makan tidak berlebihan. Cara mengobati maagh satu ini cukup ampuh, karena dengan begitu Anda bisa menghindari kenaikan asam lambung akibat perut yang kelamaan tidak terisi makanan.

2. Jangan langsung rebahan setelah makan

Agar cara mengatasi maagh di atas lebih efektif, usahakan untuk tidak berbaring atau tidur setelah maka Sebaiknya, beri jeda 2 atau 3 jam setelah makan. Tujuannya, agar asam lambung yang diproduksi setelah makan tidak naik ke kerongkongan dan membuat maagh kumat.

Namun, jangan lupa memanfaatkan waktu tersebut untuk bergerak aktif, seperti melompat karena ini juga bisa memicu kambuhnya gejala maagh. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk berjalan santai agar gerakan usus jadi lebih lancar dalam mencerna makanan dan tentunya mencegah asam naik melewati perut.

3. Batasi konsumsi makanan pedas, asam, dan berlemak

Beragam masakan memiliki cita rasa yang khas, entah itu pedas, asam, manis, atau gurih. Nah, perlu Anda ketahui bahwa cara mengobati maagh adalah menghindari atau membatasi makanan dengan rasa tertentu, seperti pedas, asam, dan gurih-gurih.

Makanan pedas yang mengandung capsaicin bisa mengiritasi lapisan perut atau lambung yang sudah terluka. Begitu juga dengan asam, yang menciptakan lingkungan di dalam perut jadi lebih asam.

Sementara makanan gurih —cenderung digoreng dan asin— lebih lama dicerna di perut karena tinggi lemak. Semua itu dapat memicu munculnya gejala maagh, bahkan memperburuknya.

Sebagai gantinya, pilih makanan untuk penderita maagh antara lain tidak asam, tidak pedas, dan tentunya lebih rendah lemak. Perbanyak konsumsi buah-buahan manis berair, seperti semangka atau pepaya dan sayur-sayuran hijau.

4. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Jika Anda memiliki maagh, Anda perlu menghindari makanan tertentu. Akan tetapi, Anda juga dianjurkan untuk meningkatkan asupan makanan berprobiotik. Ini dijadikan sebagai cara mengatasi maagh karena makanan ini mengandung bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus.

Anda tentu tahu, jika infeksi bakteri adalah satu penyebab maagh, bukan? Ya, untuk melawan infeksi tersebut Anda dibutuhkan lebih banyak bakteri baik di usus agar kesehatan pencernaan semakin meningkat.

Pilihan makanan yang mengandung probiotik yang aman dikonsumsi orang dengan masalah maagh, antara lain adalah yogurt rendah gula dan tempe.

5. Minum herbal

Di samping minum obat dari apotek, cara ampuh lain yang bisa membantu Anda mengatasi maagh adalah minum herbal seperti kunyit putih. Sebab kunyit putih mengandung minyak esensial yang cukup bermanfaat dalam mengobati maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, sesak dan masalah lambung lainnya. Kunyit putih dapat mengurangi keasaman cairan lambung agar terhindar dari sakit maagh. Info kunyit putih / pesan kunyit putih

7. Istirahat yang cukup

Salah satu cara mengatasi maagh yang paling jitu adalah cukup istirahat. Pasalnya, terlalu memaksakan diri untuk terus bekerja saat maagh terjadi, bisa membuat gejalanya jadi bertambah parah. Hentikan semua aktivitas yang sedang Anda lakukan sejenak atau istirahat sampai kondisi tubuh Anda pulih kembali. Istirahat dapat mengurangi stres, yakni pemicu maagh.

8. Hentikan kebiasaan merokok

Anda seorang perokok? Jika iya, sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Selain menyebabkan berbagai masalah pernapasan, merokok  juga bisa memicu naiknya asam lambung sehingga memicu kumatnya gejala maagh. Walaupun Anda sudah menjaga pola makan dengan baik, jika Anda masih merokok, gejala maag tetap bisa kambuh. Itulah sebabnya, menghentikan kebiasaan merokok menjadi cara untuk mengobati sekaligus mengatasi maagh.

Berhenti merokok tentu akan menyulitkan karena tubuh mengalami penarikan nikotin dan zat-zat lain secara mendadak. Oleh karena itu, lakukan cara ini secara perlahan dengan mengurangi jumlah asupan rokok per harinya.

9. Kurangi kafein dan alkohol

Bila Anda sudah mencoba cara di atas dan gejala maagh masih saja kumat, coba cek lagi minuman apa saja yang Anda konsumsi. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, minuman bersoda, dan alkohol, ternyata pantangan bagi orang yang sakit maagh.

Alkohol diketahui dapat mengiritasi lapisan tenggorokan dan perut dan meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, minuman ini juga dapat melemaskan otot di sekitar kerongkongan sehingga asam lambung dapat naik ke atas dengan mudah menyebabkan sensasi panas di dada.

Efek alkohol ini tentu mengharuskan Anda berhenti minum alkohol. Sama seperti rokok, Anda tidak bisa menerapkan cara mengatasi maag ini secara mendadak.

Selain alkohol, Anda juga perlu mengurangi kebiasaan minum kopi dan minuman bersoda, terutama pada orang yang memiliki penyakit GERD. Kedua jenis minuman ini diketahui dapat memicu perut mulas dan memperparah gejala Gerd.

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk mengatasi dan mengobati maagh. Anda bisa memilih cara mana yang paling ampuh, dan beralih ke cara lain jika tidak efektif. Namun, tidak ada salahnya jika mengombinasikan semua cara tersebut agar potensinya dalam meredakan maag dan mencegahnya kambuh lagi jadi lebih besar.



Save kontak saya untuk konsultasu gratis atau untuk diberikan kepada saudara atau tetangga yang ingin terbebas dari masalah maagh, sesak asam lambung atau gerd.

Artikel lainnya :