JUALAN ENGGAK LARIS?

UBAH MINDSET!

Asam Lambung alias GERD Lagi Kumat, Harus Gimana?


GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) merupakan kondisi yang terjadi saat asam lambung naik kembali ke saluran yang menghubungkan antara mulut dan perut yaitu kerongkongan atau esofagus. GERD ditandai dengan sensasi nyeri dan juga rasa terbakar (heartburn) pada dada dan mulut terasa pahit.

Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, dokter spesialis gastroenterologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo (FKUI RSCM) menjelaskan bahwa GERD atau asam lambung bisa disembuhkan apabila pasien melakukan perubahan gaya hidup dan menghindari faktor risiko GERD.


"Beberapa faktor risiko yang memang dapat meningkatkan risiko terjadinya GERD adalah obesitas, hernia hiatal, kehamilan, pengosongan lambung yang terlambat dan skleroderma," kata dr Ari.

"Kekambuhan dari GERD juga dapat dipicu oleh beberapa aktivitas seperti merokok, mengkonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus, makan di waktu yang terlalu larut, mengkonsumsi makanan yang berlemak atau digoreng, mengkonsumsi minuman atau makanan berkafein, serta mengkonsumsi obat tertentu seperti aspirin,"


tindakan pertolongan pertama pada pasien GERD atau asam lambung apabila gangguannya sedang kambuh.

1. Tetap tenang

Tetap tenang memungkinkan pasien tidak berisiko jatuh atau mengalami kecelakaan lain saat menahan perasaan tidak sakit dan tidak nyaman. Pasien bisa duduk atau memilih posisi lain yang memudahkannya tetap rileks dan tenang, diikuti dengan menarik napas.


2. Minum air hangat

Mengonsumsi air sebaiknya tidak bersuhu terlalu panas atau dingin. Air bersuhu hangat bisa membantu menimbulkan rasa nyaman di perut saat GERD kambuh.


3. Minum air gula

Air gula bermanfaat untuk penyakit GERD atau asam lambung karena dapat membantu dalam mengatasi kondisi naiknya asam lambung tersebut, sehingga tidak menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya lagi. Caranya cukup meminum larutan air gula jawa atau air gula aren yang memiliki kandungan riboflavin.


4. Konsumsi obat antasida

Menurut dr. Ari obat antasida yang dijual bebas di warung misalnya, bisa dikonsumsi saat asam lambung atau GERD sedang kambuh. Obat ini bersifat menetralkan asam yang bisa mengurangi gejala gangguan tersebut.


5. Pilih makanan yang lembut dengan rasa netral

Yang dimaksud rasa netral adalah makanan yang tidak terlalu asam, asin, atau pedas dengan tekstur yang lembut. Rasa yang cenderung netral dapat menurunkan risiko peningkatan produksi asam lambung. Sebelum makan sebaiknya konsumsi obat anti sekresi yang menghambat produksi asam lambung.


sumber : detikhealth


Ini kontak saya Whatsapp Nyai Ratu save saja dulu ya barangkali di butuhkan untuk saudara atau tetangga 

Untuk info lebih lanjut bisa bergabung di grup kami Telegram

Solusi GERD kumat

KLIK DISINI